Menjadi Web Developer.

12:55

Latar Belakang.

Sebuah rancangan kerja sebagai Web Developer.
            
         Sebelum kita memasuki rancangan pekerjaan sebagai Web Developer, ada baiknya kita mengetahui apa sih itu Web Developer?

Web Developer adalah seseorang yang menciptakan suatu aplikasi berbasis website dengan menggunakan beberapa Bahasa pemrograman. Peran developer itu sendiri sebagai penghubung yang telah di sediakan sumberdaya nya dan akan di buat disebuah website, adapun contohnya sebagai pemanggilan database yang sudah di sediakan antara database dengan website, membuat halaman website lebih dinamis.

Seorang web developer biasanya akan terbiasa dengan Bahasa pemrograman. Baik itu dari sisi server (server-side scripting) maupun dari sisi client (client-side scripting).
Berikut adalah Bahasa pemrograman yang harus dikuasai dan di pahami oleh seorang Web Developer.

Melihat dari sisi client yang dibutuhkan adalah : JavaScript.


Apa sih javascript itu?


Javascript itu sebuah Bahasa pemrograman yang di khususkan untuk halaman website agar website tersebut lebih hidup/nyata sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakan suatu fitur yang ada pada website tersebut.
            
Melihat Dari sisi server yang dibutuhkan adalah : ASP, ASP.NET, JAVA, PERL, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya masih banyak Bahasa pemrograman yang harus di kuasai oleh seorang Web Developer, tetapi saya mengambil sebagian saja.

Apa sih ASP, ASP.NET, JAVA, PERL?


ASP, ASP.NET adalah sebuah open-source web aplikasi framework yang di desain untuk halaman website menjadi lebih dinamis.



Java adalah sebuah Bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dapat membuat seluruh bentuk website, aplikasi, desktop, dan platform lainnya. Bahasa ini berorientasi objek (OOP – Object Oriented Programming), dapat dijalankan di segala jenis platform.


Perl adalah sebuah Bahasa pemrograman yang digunakan untuk perangkat lunak pada Program UNIX, kepanjangan Perl adalah Practical Extraction and Report Language.

Melihat database yang akan digunakan pada Web Developer : MySQL, Oracle dan lain sebagainya

Apasih MySQL, dan Oracle itu?


MySQL adalah system untuk memanajemen database, aplikasi ini bersifat Open-source.

Gambar 1.6

Oracle adalah software database yang bahasanya menggunakan SQL (Structured Query Language) ini adalah RDBMS (Relational Database Management System) yang mengelola informasi terbuka, dan terintegrasi.

 Isi

Setelah kita mengenal apa itu Web Developer, dan apa yang harus di kuasai oleh Developer. Sekarang kita memasuki Apa aja sih yang dibutuhkan Web Developer, apa rancangannya, bagaimana developer membuat website, dana apa saja yang dibutuhkan. Langsung saja kita masuk ke bahasannya.

·       Tentu saja sebagai Web Developer kita harus mempunyai sebuah komputer. Pada era jaman ini pun Web Developer bisa menggunakan Android/Smartphone karna semakin berkembangnya jaman, tetapi tidak dapat mengelola sepenuhnya.

Dan pada umumnya web developer dibagi menjadi tiga yaitu fronted web developer, backend web developer, dan fullstack web developer.

Apasih pengertian dari ketiga di atas?

Frontend web developer  adalah seseorang yang mendesain dan membangun antarmuka pada website, seperti yang kita lihat. Tampilan-tampilan awal yang dibuat pada suatu website merupakan hasil kerja dari seorang frontend web developer.

Backend web developer adalah kebalikannya dari frontend web developer, tugas seorang backend merupakan mengelola akun/data yang ada pada suatu website. Semua data-data yang ada pada website ini dikelola oleh Backend.

Fullstack web developer adalah orang yang memegang bagian dari Frontend dan Backend. Karena fullstack ini merupakan orang yang memiliki keahlian apa yang dikerjakan dari kedua tugas tersebut. Menjadi fullstack web developer tidaklah mudah karena kita harus menguasai apa yang harus dilakukan oleh frontend web developer dan backend web developer secara bersamaan.

Setelah ketiga bagian tersebut, masing-masing harus mempunyai skill pada masing-masing tempatnya. Seharusnya disini sudah terlihat rancangan kerja apa aja sih yang dibutuhkan oleh Web Developer itu.

Apa yang harus dikuasai oleh Frontend Web Developer?

·       Mempunyai Skill pada Hyper Markup Language (HTML)
HTML ini adalah yang menyusun konten yang akan kita perlihatkan pada website. Contoh kita membuat judul halaman, paragraph, gambar bisa digabungkan oleh HTML ini. Tidak hanya HTML saja, kita bisa menggabungkan HTML ini dengan CSS (penjelasan ada dibawah)
Contoh HTML :


·       Mempunyai Skill pada CSS (Cascading Style Sheets)
CSS digunakan untuk melengkapi HTML yang mana fungsi css ini dapat memperbagus tampilan HTML, menyesuaikan ukuran-ukuran yang ada pada HTML. Dengan CSS ini tampilan website kita bisa lebih bagus.

Contoh CSS : 



Apa yang harus dikuasai oleh Backend Web Developer?

·       PHP (PHP : Hypertext Preprocessor)
Ini adalah skill yang paling populer, karna sebagian besar website meggunakan PHP ini, serta pembelajaran PHP ini pun sudah ada dimana-mana. Bahkan kita bisa mencari di internet, dan e-book nya pun ada di internet.
·       Phyton
Ini adalah yang harus dikuasai oleh Backend karna python merupakan General purpose programming language semua kebutuhan bisa digunakan pada phyton ini.
·       SQL
Singkatan dari Structured Query Language, adalah suatu penyimpanan atau sering juga disebut database, seorang Backend harus mengusai SQL ini karna pada suatu website kita harus mengelola data salah satu contohnya, membuat data baru, mengupdate data yang ada, dan menghapus data.

Terakhir, yang harus dikuasai oleh Fullstack Web Developer.

Fullstack Web Developer harus menguasai semua yang ada, segala jenis Bahasa pemrograman, segala jenis aplikasi yang digunakan, segala jenis database yang digunakan haruslah dikuasi oleh Fullstack Web Developer. Memang tidaklah mudah untuk menjadi fullstack karena harus menguasai skill tersebut secara bersamaan.
Selain dari ketiga yang diatas, sebenarnya masih banyak yang harus dipelajari tetapi dari yang ketiga diatas adalah kunci sebagai Web Developer, contoh kita harus mempelajari :
      ·       Mengolah gambar
·       Cara mengelola pengembangan web yang baik
·       Cara mengoptimalkan sebuah website
·       Belajar pengontrolan pada hosting
Dan masih banyak yang lainnya.

Kesimpulan
          
         Bahwa menjadi developer web itu tidaklah gampang, kita harus memilih mana yang akan kita kuasai, atau kita bisa memilih menjadi Fullstack Web Developer yang mana menjadi Fullstack ini tidaklah mudah. Tetapi rancangan kerja ini sudah cukup jelas, kita harus mempunyai skill apa saja untuk menjadi Web Developer. Seharusnya ini sudah cukup menjadi suatu rancangan kerja untuk kedepannya nanti.
Untuk masalah pembelajaran, bagaimana sih menjadi Web Developer? Banyak sekali cara nya! Kita bisa belajar otodidak, membaca buku-buku yang ada di internet, kita bisa melihat youtube, dan kita juga bisa belajar melalu website. Banyak sekali website-website yang mengajarkan bagaimana cara kita mengelola website, membuat website. Salah satu contohnya adalah w3schools.com

Referensi

You Might Also Like

0 comments