Inovasi dan Trendingnya E-COMMERCE

16:46

Pendahuluan
Pada kali ini saya akan membahas tentang E-commerce. Apasih e-commerce itu?



E-commerce atau juga di sebut Electronic Commerce merupakan perdangan elektronik yang mana proses pembelian, penjualan antara kedua belah pihak tersebut melalui sistem elektronik. Tidak hanya pembelian dan penjualan, pengguna dapat membuat jasa, pertukarang barang melalui e-commerce ini.
Aktifitas e-commerce ini prosesnya melibatkan transaksi elektronik, seperti transfer, pertukaran yang ada pada elektronik. Sistem ini digunakan melalui jaringan komputer, tetapi tidak hanya komputer melewati Handphone sekarang pun sudah bisa karena semakin canggih nya zaman sekarang.

Isi

Sejarah e-commerce



E-commerce pertama kali digunakan untuk promosi/periklanan untuk di suatu website. Itu terjadi pada tahun 1994. Setelah itu banyak sekali yang menggunakan e-commerce ini, karena begitu pesatnya perkembangan Internet pada waktu itu. Tahun 1998 dan tahun 2000 banyak pebisnis dari Negara Amerika Serikat dan Eropa mengembangkan situs web perdaganan ini.

Jenis-Jenis e-commerce.

E-commerce hanya satu, tetapi jenis-jenis nya lebih dari satu. Mari kita simak dibawah jenis-jenis e-Commerce ini :

1. Business to Business (B2B)
Jenis ini merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua barang, tidak hanya elektronik tetapi bisa juga sebuah jasa yang di lakukan oleh perusahaan. Biasanya pedagang dan produsen yang menggunakan jenis e-commerce ini.
Contoh jenis B2B di Indonesia :



Website : www.garuda-indonesia.com/id/id/index.page

Garuda Indonesia memang menyediakan tiket untuk kita langsung memesan, tetapi Garuda Indonesia juga dapat melayani agen/biro untuk reservasi tiket.

2. Business to Consumer (B2C)
Jenis ini merupakan seorang bisnis langsung berinteraksi dengan pembeli akhir/consumer akhir. Transaksi ini dilakukan secara online.

Contoh jenis B2C : 

Website : www.amazon.com

Pada website ini pembeli dapat memilih barang dan membelinya langsung di amazon.com seorang pembeli langsung berhubungan dengan si penjual atau seorang yang mempunyai bisnis tersebut. Jadi jenis ini langsung menghubungkan pembeli dengan penjual, tetapi si penjual ini menaruh barangnya pada website Amazon, yang mana Amazon adalah suatu situs jual-beli.

3. Consumer to  Consumer (C2C)
Jenis ini merupakan iklan yang dilakukan oleh individu di suatu website gratis untuk mengiklankan produknya.

Contoh C2C : 

Website : www.olx.co.id


Lalu kenapa perkembangan e-commerce sangat begitu pesat?


Perkembangan e-commerce yang begitu pesat dikarenakan zaman semakin modern. Semua transaksi bisa dilakukan melalui jaringan Internet saja, entah itu transaksi melewati laptop, smartphone, dan lain sebagainya.

Contoh beberapa faktor yang membuat e-commerce sangat begitu pesat.
1.     Untuk melakukan transaksi lebih mudah, karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.
2.     Dunia semakin modern, alat-alat canggih muncul seperti smartphone yang bisa melakukan hal apa saja layaknya seperti laptop. Tetapi tidak semuanya bisa di lakukan di smartphone ini.
3.     Jangkauan pelanggang lebih luas, dikarenakan banyaknya pengguna internet di Dunia ini. bahkan pengguna Internet
Berikut pengguna Internet dari seluruh Dunia : 

*Data diambil dari website : http://www.internetworldstats.com/stats.htm

Total mencapai hingga 3 miliar lebih, bagaimana tidak e-commerce jauh berkembang lebih pesat.
1.     Dikarenakan dengan perbedaan harga yang sangat jauh berbeda di banding Toko Offline dengan online. Tidak hanya perbedaan harga, bisnis nya pun tergolong luas, bahkan tak terhingga, tidak memiliki batasan waktu. Kita ambil salah satu contoh kasus yang sedang trending saat ini :

HARBOLNAS.


Apa itu HARBOLNAS? Hari Belanja Online Nasional, merupakan perayaan kepada orang-orang yang suka online shopping, yang mana pada setiap website akan mengadakan diskon besar besaran.

Pertama kali di rayakan HARBOLNAS ini pada tanggal 12-12-2012. Ini merupakan momen satu tahun sekali pada pembelanjaan online. Setiap website e-commerce memberikan diskon. Contoh dibawah ini beberapa website yang merayakan harbolnas pada tahun 2017 ini.

·       www.bukalapak.com


 Team Bukalapak mengadakan diskon besar-besaran, yang mana menggunakan voucher belanja dan barang yang di beli dapat di nego melalui aplikasi Bukalapak.

·       www.lazada.co.id


Takmau kalah dengan website e-commerce lainnya, Lazada memberikan diskon besar-besaran dengan menggunakan voucher.

·       www.tokopedia.com


Berbeda dengan website e-commerce lainnya, Tokopedia memberikan cashback yang mana cashback tersebut dapat kita gunakan kembali, mengasyikkan bukan?

Diatas merupakan faktor yang membuat e-commerce begitu pesat. Gerai-gerai ritel pun mungkin bisa di bilang jarang pembelinya, karena begitu mudah nya untuk belanja online, memilih dan langsung membelinya. Tetapi tidak semua juga online lebih mudah, terkadang untuk pembelian barang elektronik langsung datang ke toko offline lebih tepat agar barang yang di inginkan sesuai. Memang lewat online pun bisa, tetapi kepuasan kostumer berbeda beda, ada yang senang melihat barangnya langsung, ada juga yang suka membeli dan lebih baik menunggu barangnya datang.

Memang e-commerce itu ada kelebihan dan kekurangannya, dibawah ini contoh beberapa kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan :
-        Dapat memilih barang sepuasnya
-        Membandingan harga dengan barang yang lain dengan mudah
-        Waktu yang fleksibel karna bisa kapan saja untuk memesan
-        Biaya produk relatif lebih murah dibandingkan dengan toko offline
-        Pemasangan bisnis pun lebih mudah, karena semua orang dapat memulai bisnis di situs-situs e-commerce.
Kekurangan :
-        Sistem yang tiap waktu harus di ubah kebijakannya.
-        Barang tidak langsung ada ditangan, tetapi harus menunggu pengiriman terlebih dahulu
-        Terkadang keamanan belum tentu terjamin karena setiap sistem pasti ada kelemahannya
-        Dilihat dari faktor pendiri website e-commerce harga pembuatan website/aplikasi ini tidak lah murah.

Kesimpulan

Memang berlanja melalui online shop itu mudah, tetapi terkadang barang yang kita inginkan tidak sesuai. Tergantung pengguna dia lebih suka menggunakan online shop atau offline shop, karena pendapat orang berbeda-beda. e-Commerce merupakan inovasi yang dapat mempermudah masyarakat, karena dapat memilih barang-barang yang diinginkan dengan baik walau terkadang gambar dan barang yang datang tidak berbeda jauh dari perkiraan, tetapi tetap saja e-commerce ini mempermudah. Dan juga jangan pernah tergiur dengan harga murah, kita juga sebagai pengguna internet harus lebih paham dan fasih untuk memilih mana yang patut tokonya untuk di beli, karena reputasi yang di miliki itu pasti berbeda-beda.

Referensi : 

http://hariannetral.com/2015/05/e-commerce-pengertian-dan-manfaat-e-commerce.html
http://www.jasaseojakarta.net/jasa-seo-penyebab-pesatnya-perkembangan-e%E2%80%91commerce/
http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/

You Might Also Like

0 comments