Perkembangan Sistem Operasi Android.

11:45

Bab I Pendahuluan.

Operasi Sistem Android.

Android merupakan salah satu telepon seluler yang menggunakan operasi system berbasi Linux, Android bias juga di sebut dengan smartphone. Sistem operasi android ini merupakan open source yang mana pengguna boleh mengembangkan perangkat lunak tersebut. Kemudian seiring berjalannya waktu android dari masa ke masa telah berkembang hingga sampai sekarang ini masih terus berkembang. Google Inc, membeli Android Inc untuk membuat system operasi atau perangkat lunak untuk telepon seluler.
Pada saat perilisan Perdana Android, 5 November 2007 Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka (open source) pada tiap tiap perangkat seluler.
Yang kita ketahui hingga saat ini sudah mencapai versi 8.0 yang merupakan versi Android Oreo maka kita akan membahas satu per satu system operasi Android ini dari pertama kali muncul.

Bab II Pembahasan

Seperti yang kita ketahui, sekarang banyak sekali smartphone atau telepon selular yang sudah sangat canggih, tentu saja sebelum secanggih sekarang ini jenis software ini melewati banyak hal, dari perbaikan bug dan pengembangan aplikasi yang lain.

HTC Dream merupakan smartphone atau telepon seluler pertama yang menggunakan system operasi Android.


HTC Dream ini menggunakan system operasi android 1.6 (Donut) yang mana system operasi versi ke 3 dari android.

Langsung saja kita membahas perkembangan versi Android dari masa ke masa.

Android 1.1
Merupakan jenis system operasi versi pertama pada Android, pada versi ini ada pembaruan tampilan pada aplikasi, jam dan alarm, pencarian suara (voice search), pemberitahuan E-mail, dan pengiriman pesan pada Gmail.

Android 1.5 (Cupcake)

Google kembali mengembangkan system operasi Android versi 1.5 dengan menggunakan Android dan SDK (Software Development Kit). Banyak pembaruan dan penambahan fitur pada versi ini yaitu kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, dan gambar ke Picasa langsung dari smartphone itu, dan terdapat dukungan Bluetooth A2DP, animasi layer, dan keyboard pada layer yang di sesuaikan dengan system tersebut.

Android 1.6 (Donut)

System operasi ini dirilis pada September 2009, dengan pembaharuan yang lebih baik daripada sebelumnya. Dengan menampilkan pencarian yang lebih yang dari pada yang sebelumnya, ada nya penggunaan baterai indicator dan control VPN. Fitur yang lain nya yaitu dapat memilih foto yang akan dihapus dan kemampuan Dial Kontak.

Android 2.0/2.1 (Eclair)

System operasi ini diluncurkan pada 3 Desember 2009, banyak sekali peningkatan pada system operasi ini, yaitu pengoptimalan pada hardware, peningkatan Google Maps, dan dukungan browser pada HTML5. Semakin berkembang system operasi ini banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi nya pada system android ini contohnya adalah Facebook.

Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)

Pada 20 Mei 2010, Android pada versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Perubahan yang ada adalah dukungan Adobe Flash, kinerja kecepatan pada versi ini 2 sampai 5 kali lebih cepat. Dapat membagi koneksi dengan Wifi Portabel Hotspot dan Automatic updates aplikasi pada Play Store.

Android Versi 2.3 (Gingerbread)

Masih pada tahun yang sama, tetapi berbeda bulan, pada 6 Desember Android versi 2.3 (gingerbread) di rilis. Perubahan yang ada merupakan peningkatan pada kemampuan untuk permainan, meningkatkan untuk tombol copy paste, dan di desain ulangnya User Interface, dan efek audio baru, dan dukungan yang jumlah kameranya lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Pada versi android ini berbeda dari sebelumnya, dikarenakan versi Android ini digunakan untuk jenis tablet, mendukung layer lebih besar dan User Interfacenya pun berbeda dari yang lain karena memang khusus untuk tablet. Versi ini mendukung multiprosesor.

Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Versi Android ini lahir pada 19 oktober 2011, fitur ini untuk smartphone yang sudah lumayan bagus. Banyak sekali penambahan fitur pada versi Android ini, contohnya membuka kunci dengan pengenalan wajah, pemantau jaringan data, dan bias berbagi informasi menggunakan NFC.

Android 4.1/4.2/4.3.1 (Jelly Bean)

Seiring berjalannya waktu, Android semakin kesini semakin lebih berkembang dan banyak di pakai oleh orang-orang. Android versi 4.1 sampai 4.3 namanya adalah Jelly Bean. Banyak pembaruan pada versi android ini dikarenakan meningkatkan fungsi dan kinerja dengan pengguna (User Interface). Pada versi android ini kita dapat men-screen capture,adanya quick reply pada notifikasi.

Android 4.4.X (KitKat)

Di rilis pada tanggal 31 Oktober 2013, versi android 4.4 ini di beri nama KitKat. Versi Android ini paling banyak digunakan dari versi sebelumnya, karena banyaknya pembaruan pada versi android ini seperti nagivasi dan status bar transparan. Pada versi ini pun Android berjalan dengan smooth/mulus.

Android 5.0/5.1 (Lollipop)

Bulan juni 2014, Google memperkenalkan android Lollipop, banyak sekali perkembangan yang ada pada versi ini, dikarenakan semua desain di rombak habis-habisan menjadi desain yang baru yaitu Material Design. Performa yang lebih cepat dan smooth.

Android 6.0.X (Marshmallow)

Pada 17 Agustus 2015, tepat pada hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, Google merilis android versi 6.0 atau juga bisa di sebut dengan Marshmallow, banyak sekali peningkatan pada versi android ini salah satunya yaitu didukungnya pemindaian sidik jari, baterai menjadi lebih irit, mendukung fast charging, dan ada nya penyesuaian izin pada aplikasi atau di sebut app permisions.

Android 7.0 (Nougat)

Banyak penambahan fitur pada versi Android ini, Android Nougat namanya versi 7.0. Pada versi ini Android memungkinkan untuk membuka 2 aplikasi di jendela yang sama atau bisa di sebut juga dengan split screen , ada nya Direct Reply Notifications yang dapat memudahkan pengguna untuk membalas pesan pada layar pemberitahuan dan performa yang meningkat.

Android 8.0 (Oreo)

Kesimpulan

Seiringnya berjalan nya waktu tentu saja versi android ini tidak akan stuck sampai disitu-situ saja, karena di butuhkan perkembangan yang signifikan yang berarti kebutuhan pengguna akan terus berkembang dan akan banyak kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pada Jaman ini semua sudah modern maka dari itu perkembangan haruslah ada. Inovasi-inovasi yang di keluarkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Karena sebagian besar sekarang sudah menggunakan smartphone yang mana dibutuhkan untuk kebutuhkan social yang akan kita gunakan. Maka dari itu pembaruan itu penting, namun harus efisien agar memudahkan pengguna untuk mengelola. Inovasi itu penting agar kebutuhan yang sulit dapat di permudah dengan adanya peralatan baru.

Daftar Pustaka



You Might Also Like

2 comments