COBIT

12:14


Apa itu COBIT?
      COBIT merupakan singkatan dari Control Objective for Information and related Technology, suatu panduan standar praktik dalam manajemen teknologi informasi. COBIT membantu untuk menciptakan suatu nilai optimal dari Teknologi Informasi perusahaan.
COBIT dikembangkan oleh IT Governance Institute, yang merupakan bagian dari ISACA (Information Systems Audit and Control Associatio). COBIT memberikan arahan yang biasanya berorientasi pada bisnis.

Kerangka kerja pada COBIT memiliki beberapa arahan (guidelines), yaitu :
Control Objective, terdiri dari 4 tujuan pengendalan tingkat tinggi yang terdapat pada 4 domain yaitu, planning & organization, acquisition & implementaion, delivery & support, dan monitorin.
Audit Guidelines, berisi tujuan-tujuan pengendalian yang bersifat rinci (detailed control objectives) agar membantu para auditor dalam memberikan management assurace dan atau saran perbaikan.
Management Guidelines, berisi arahan, secara umum maupun spesifik, tentan apa saja yang mesti dilakukan.

Lalu siapa saja pengguna COBIT ini?
Pengguna COBIT biasanya memiliki tanggung jawab utama terhadapat alur proses organisasi, organisasi yang sangat mengharapkan kualitas, kehandalan dan penguasaan dalam teknologi informasi pada perusahaannya, sehingga pengguna COBIT ini dapat memaksimalkan perusahaan dengan melakukan beberapa arahan yang ada pada COBIT.

Manfaat apa yang diberikan oleh COBIT?
Yang pertama, tentu saja membantu auditor, manajemen dan pengguna untuk menutup kesenjangan antar kebutuhan bisnis, resiko, kontrol, keamanan, melalui peningkatan pengamanan dan mengontrol seluruh proses TI.
Yang kedua, COBIT sudah berisi arahan yang berorientasi pada bisnis jadi auditor, manajemen dapat melihat guidelines yang ada pada COBIT.

Referensi :

You Might Also Like

0 comments