Contoh Audit Teknologi Sistem Informasi Pada Instansi Pemerintah

22:58


kejari-cikarang.go.id adalah sebuah website kejaksaan negeri kabupaten bekasi, yang berlokasi di Komplek perkantoran pemda no.17330 Sukamahi Cikarang Tengah Kab.Bekasi Jawa Barat 17330. Website ini berisikan tentang informasi pidana yang ada pada daerah Cikarang. Tidak hanya mencari informasi, tetapi website ini juga menyediakan berita, laporan pengaduan dan kejaksaan dalam statistik. Mengapa website kejari-cikarang.go.id harus diadakan audit?
Saya jabarkan satu persatu analisisnya,
Saya akan menganalisis sebagian kinerja pada website kejari-cikarang.go.id yang merupakan situs website tentang Kejaksaan Negeri Cikarang. Pada website ini akan menampilkan suatu informasi, tetapi apabila data yang terdapat pada Kejaksaan Negeri Cikarang tidak sesuai dengan data paper yang ada pada Kejaksaan Negeri Cikarang maka data yang dipakai adalah paper KEJARI. Patokan data pada KEJARI ini adalah dari paper KEJARI, sehingga website ini hanya untuk informasi saja.
Selanjutnya kita menuju analisis website tersebut, pada flowchart diatas terdapat Halaman utama, halaman tersebut akan menampilkan beberapa menu. Disini kami membuat kondisi untuk mengakses menu tersebut. Langsung saja ke kondisi pertama.

1.     Profil
Jika mengarahkan kursor mouse pada menu profil maka akan menampilkan beberapa sub menu lagi, yang terdiri dari Tentang kejaksaan, Struktur Organisasi, Pejabat Struktural, Tugas Pokok, Doktrin Kejaksaan, Visi Misi dan Pemerintah Harian Jaksa Agung. Sangat disayangkan, pada menu profil ini yang terisi hanyalah pada bagian Pejabat Struktural, pada bagian ini akan menampilkan informasi pimpinan kejaksaan tersebut.
2.     Bidang
Jika pada halaman utama ingin langsung mengecek pada bagian bidang bisa langsung kursor arahkan pada menu Bidang dan dalam menu bidang ini terdapat beberapa sub menu, yaitu pembinaan, intelejen, pidana umum, pidana khusus dan perdata & TUN. Tetapi sayang sekali, informasi yang hanya dapat ditampilkan hanya pada sub menu pembinaan, ini akan menampilkan tentang pembinaan pada website KEJARI. Menu yang lainnya hanya menampilkan bagian kosong saja.
3.     Pada kondisi ini jika kursor diarahkan ke menu berita dan diklik menu ini akan menampilkan beberapa berita yang ada di KEJARI, berita ini sangat bermanfaat bagi user yang ingin tahu tentang KEJARI.
4.     Pada kondisi ini galeri ada dua sub menu yaitu foto dan video, masing-masing akan menampilkan bagiannya. Jika mengklik foto akan menampilkan beberapa foto yang ada pada website KEJARI begitupun juga dengan video.
5.     Kondisi yang ke 5 adalah Info perkara, disini akan menampilkan informasi perkara-perkara yang ada, tetapi patokan pada info perkara disini menggunakan paper based, sehingga apa bila terjadi ketidaksamaan pada data dalam website KEJARI dengan paper data tersebut, maka data yang LEGAL dan VALID adalah data dari paper KEJARI.

6.     Kondisi ke 6 ini adalah IAD, disini menu error. Jika diklik maka tidak ditemukan apapun tentang menu ini.
7.     Kondisi terakhir, yaitu hubungi kami. Pada kondisi ini akan menampilkan halaman hubungi kami yang berisi map, nomor telepon dan email untuk menghubungi KEJARI.

Sangat disayangkan sekali, website KEJARI ini tidak lengkap untuk informasinya dikarenakan masih ada beberapa menu yang kosong dan tidak dapat diakses.

Kesimpulan

Website kejari-cikarang.go.id harus dilakukan audit, terutama pada bagian-bagian menu utama seperti Profil, Bidang dan Info Perkara. Karena ini bagian sangat penting, informasi yang ditampilkan harus jelas dan sesuai. Apalagi jika tidak ada nya kesamaan data diwebsite dengan paper yang ada pada Kejaksaan Negeri Cikarang. Seharusnya semua yang ada pada Kejaksaan Negeri Cikarang harus terintegrasi dengan baik dan jelas pada website tersebut. Semua ini berfungsi agar pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mereka inginkan, maka dari itu perlu dilakukan audit untuk website Kejaksaan Negeri Cikarang ini.

Sumber : Tugas Analisis Kinerja Sistem saya.

You Might Also Like

0 comments