Sistem Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari

22:00


Pada postingan sebelumnya, saya membahas Kecerdasan Buatan oleh Google LLC, yaitu Google Assistant. Selanjutnya, sadar gak sih bahwa Google Assistant ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bagi pengguna Android? Fungsi Google Assistant ini sangat banyak lho! Salah satunya sebagai reminder, mencari informasi, dan masih banyak lagi!




Kita bahas sedikit tentang Google Assistant ini.

Apa itu Google Assitant?

Google Assistant adalah Evolusi dari Google Voice Search dan Google Now. memang eranya Artificial Intellegence, Internet of Thing, dan Mobile. Google Search bukan lagi di pakai dengan browser untuk mencari tutorial atau resep makanan.
Google sadar bahwa masa depan pencarian adalah Personal Search atau lebih tepat personal Assistant yang digambarkan di film-film fiksi ilmiah. Komputer di film sci-fi diberi perintah dengan suara dan menampilkan hasilpun tidak selalu dengan tampilan visual, kadang jawaban yang didapat adalah jawaban Natural seperti layaknya seorang bos berbicara kepada sekretarisnya.
Berbeda dengan Cortana dan Siri, Google Assistant keluar dari Browser dan terintegrasi keberbagai perangkat Hardware buatan Google. Cortana fokus ke Smartphone dan Desktop sama halnya degnan Siri. Assistant dari Google ini disematkan di Aplikasi Chat Allo, Google Pixel Smartphone dan Produk Google Home yang merupakan interface untuk mengontrol semua perangkat di rumah.


Tentu pada Google Assistant ini terdapat keuntungan dan kerugian buat kita, keuntungan pertama yaitu kita dapat memperoleh informasi dengan cara yang mudah. Tidak perlu lagi kita mengetik seperti zaman dulu, dengan berbicara saja Google Assistant dapat memunculkan informasi. Selanjutnya dapat mengelola agenda, lupa dengan tanggal acara? Tidak masalah! Ada Google Assistant, salah satu ini bisa mengatur jam dan kalender kita, bahkan sampai tempatnya. Lalu Google Assistant juga dapat memberikan petunjuk, tentang cuaca hari ini, dan seminggu kedepan, bagaimana tidak? Google Assistant terintegrasi dengan Google itu sendiri yang mempunyai miliyaran data. Dan masih banyak lagi yang dapat dilakukan oleh Google Assistant ini, tetapi tentu aplikasi ini memiliki kerugian buat kita, yaitu salah satu contohnya tidak responsif jawaban oleh Google Assistant itu sendiri, terkadang juga bahkan tidak tahu apa jawabannya, sehingga itu sangat merepotkan kita sebagai pengguna. Tetapi pasti google akan mengembangkannya menjadi yang lebih baik lagi! 
Pandangan penulis terhadap penggunaan Sistem Cerdas terutama pada Google ini diharapkan Google lebih baik lagi mengembangkan aplikasinya, karena ini sangat berfungsi pada kehidupan sehari-hari. Terutama, Google Home pada zaman yang akan datang nanti semua mungkin akan menggunakan hal-hal yang berbau elektronik tentunya kita ingin selalu dimudahkan dengan adanya alat elektronik, yaitu Google Home yang terintegrasi dengan rumah dan google home itu adalah Google Assistant versi pengkontrolan dalam rumah. Dengan adanya sistem cerdas ini, masyarakat di Indonesia akan terbantu dengan Google Home ini.

Berikut cuplikan tentang Google Home

Dengan memiliki Google Home ini, rumah kita seperti canggih. Karena hanya dengan memanggil saja kita dapat mengatur apa yang kita inginkan.

Ya, sekian artikel tentang Google Assistant ini, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih Sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini berguna untuk kita semua.

Referensi:



You Might Also Like

0 comments