Perbandingan Sistem Cerdas Pada Aplikasi Chatting di 3 Negara

01:00


Selamat datang lagi teman-teman pada blog saya, terima kasih sebelumnya sudah mengunjugi blog ini. Kali ini saya akan membuat artikel tentang perbedaan sistem cerdas pada aplikasi chatting yang ada di 3 negara. Ya kali ini saya akan membahas Line dari negara sakura yaitu Jepang, kemudian Whatsapp dari negara California yang sekarang di kembangkan oleh Facebook Inc. dan yang terakhir itu adalah Wechat yang berasal dari Tiongkok.
Dari ketiga aplikasi tersebut memang berfungsi sama, tujuan utamanya adalah untuk kita bisa saling berbicara melalui teks/telepon dengan jarak jauh. Tetapi tentu saja setiap aplikasi mempunyai perbedaan, oke langsung saja kita membahas perbedaan tersebut.


Line adalah aplikasi pengirim pesan instan secara gratis yang bisa kita gunakan pada beberapa platform seperti smartphone dan komputer. Aplikasi ini dapat diakses melalui Android, iOS sehingga dapat memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Line direlease pada tahun 2011 yang dikembangkan oleh perusahaan NHN Corporation.


Lalu apa fungsi dari aplikasi Line ini? Tentu saja untuk pengirim pesan instan tanpa harus mengeluarkan banyak pulsa. Menggunakannya ini hanya butuh koneksi internet.
Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Line ini.
Kelebihan :
Yang pertama kita dapat membuat percakapan grup dengan maksimal 250 member, yang mana tentu ini banyak sekali. Dapat memudahkan kita untuk saling bercakapan dengan teman-teman. Lalu yang kedua kita dapat menyimpan file kita pada Line Keep, sama fungsi nya seperti Google Drive tetapi hanya perbedaannya pada aplikasinya saja. Lalu yang ketiga kita dapat menggunakan sticker-sticker yang lucu, fungsi ini cocok sekali untuk mengekspresikan diri kita yang sebenarnya, banyak sticker-sticker yang berguna untuk dikirim sebagai ekspresi diri kita. Lalu yang keempat line juga memiliki e-commerce yaitu line store dan line shop, fungsi ini kita dapat membeli atau menjual sticker, tema pada line store dan baju, celana, alat-alat yang lainnya yang dapat kita jual pada line shop layaknya seperti e-commerce. Ini adalah sedikit dari kelebihan aplikasi Line ini, lalu kita menuju kekurangan aplikasi Line
Kekurangan :
Line dapat menelepon kita, tetapi tentu harus dibantu dengan jaringan yang stabil. Kinerja aplikasi Line ini sangatlah berat, sehingga kita harus sering-sering membersihkan cache agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar karna aplikasi ini cukuplah besar untuk penyimpanannya. Lalu yang terakhir penerimaan file pada aplikasi ini tidak stabil seperti WhatsApp.

Whatsapp


WhatsApp juga adalah aplikasi pengirim pesan instan juga, yang didirikan pada tahun 24 Februari 2009, oleh Brian Action dan Jan Koum, awalnya mereka mendirikan ini lalu WhatsApp sekarang berpindah tangan dipegang oleh Facebook Inc.


Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan pada aplikasi WhatsApp ini

Kelebihan :
Tentu saja kita bisa mengirim teks, foto dari galeri kita. Tetapi keuntungan yang paling sangat berfungsi adalah sinkronasi kontak yang tersimpan pada telepon akan langsung terhubung dengan whatsapp jika salah satu kontak kamu mempunyai whatsapp dengan nomor yang di simpan pada perangkat android/iOS anda. Lalu yang terakhir penyimpanan data yang sangat efesien dan langsung tersimpan pada storage kita.
Kekurangan :
WhatsApp mendukung adanya sticker, tetapi kita harus mendownload aplikasi pihak ketiga jika ingin mencari sticker yang di inginkan. Lalu penyimpanan data, gambar, video langsung tersimpan pada storage kita jadi jika kita tidak ingin mendownloadnya langsung sudah tersimpan, dikarenakan fitur auto download ini. Tetapi kita bisa mematikannya melalui pengaturan.

WeChat
WeChat adalah layanan komunikasi pesan suara dan teks telepon seluler (ponsel) yang dikembangkan oleh Tencent di Tiongkok diluncurkan pada tahun 2011. Aplikasi ini sama seperti kedua aplikasi diatas. Tetapi ada salah satu yang menarik untuk WeChat ini, yaitu WeChat Pay. Tetapi fungsi ini baru berfungsi di Cina saja. Beberapa negara membutuhkan izin untuk menggunakan WeChat pay ini. 
Mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari aplikasi WeChat
Kelebihan :
Fitur yang paling mencuri perhatian pada WeChat ini adalah VoIP yang berfungsi untuk menelepon dengan kualitas yang jernih. WeChat juga menyediakan WeChat Pay yang berfungsi sebagai pembayaran di Cina, karna banyak sekali yang menggunakan WeChat rata-rata toko disana menggunakan WeChat Pay tersebut untuk metode pembayaran, sehingga ini sangat menguntukan sekali untuk kita. Tidak perlu membawa uang kemana-mana jika ingin melakukan transaksi, cukup buka smartphone lalu Scan QR kode WeChay Pay nya, dan juga yang terakhir kita tidak harus mendownload aplikasi line di dekstop kita, cukup scan kode QR saja, tidak seperti line yang harus mendownload aplikasi desktopnya.
Kekurangan :
Kekurangan belum didukungnya emotikon dan sticker-sticker lucu seperti di Line, pengguna internasional nya pun tidak sebanyak Whatsapp dan Line sehingga kemungkinan besar jarang juga yang memakai aplikasi WeChat ini.

Kesimpulan
Pada ketiga aplikasi diatas fungsinya tetaplah sama, tetapi ada beberapa bagian yang beda, contohnya pada WeChat Pay yang tidak ada diaplikasi lainnya, lalu pada line terdapat Line Store dan Line Shop yang bisa berfungsi dan Whatsapp yang management nya sangat bagus. Perbandingan ketiga aplikasi tersebut cukuplah menarik, karena tentu saja kita pasti menginginkan ada nya sistem Cashless pada aplikasi Chatting dimana kita bisa membayar dengan membeli barang dan menggunakan WeChat Pay ini. Saya penulis berharap bahwa WeChat Pay ini dapat di gunakan di Indonesia, sehingga memudahkan untuk segala kalangan tidak perlu membawa uang lagi. Sistem Cerdas pada saat ini sangat lah menarik, semoga kedepannya semakin banyak sistem-sistem yang ditambahkan pada aplikasi chatting ini yang dapat memudahkan penggunanya.

Sekian tulisan dari saya kali ini, kurang lebih nya mohon maaf. Sampai berjumpa di artikel lainnya! Terima kasih.

Referensi :





You Might Also Like

0 comments